Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Mereka Jagoan Kita

image-gnews
Iklan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Meski pengalaman Indonesia dalam industri game atau aplikasi untuk komputer dan ponsel masih sangat muda, karena industri ini baru benar-bergerak sekitar lima tahun belakangan, sejumlah karyanya sudah patut dibanggakan. Ini beberapa di antara karya yang top dan spektakuler itu.



iWriteWords

HARIAN berpengaruh di Amerika Serikat, The New York Times, menulis sederet aplikasi di iPhone paling bagus untuk anak-anak. Salah satu yang ditunjuk dalam tulisan setahun silam adalah iWriteWords, program yang disusun Roy Winata dari GDI Plus, pengembang game dari Jalan Gajah Mada, Jakarta.

Game ini diperuntukkan bagi anak di bawah lima tahun yang ingin membaca. Dengan menggoreskan jari di layar iPhone atau iPad untuk mengikuti titik-titik di layar, si bocah bakal belajar menulis huruf. Ini game untuk balita, jadi sangat sederhana.

Roy mengerjakan sendiri proyek iWriteWords di sela-sela memimpin perusahaan peranti lunak yang ia dirikan pada 2000, yakni PT Global Dinamika Informatika (GDI). Selama empat bulan Roy sendirian menyusun algoritma iWriteWords. Pada saat yang sama, rekannya sesama alumnus Satya Wacana Salatiga dan sesama pendiri GDI, Agustinus Feiry, membuat aplikasi iPhone lain yang belakangan sukses mendatangkan ratusan juta rupiah, iNews.

Roy membuat game ini untuk kepentingan anaknya, Ansell, yang baru berusia empat setengah tahun dan sedang belajar membaca. Gambar-gambar buatan Ansell ikut dimasukkan ke iWriteWords dan dengan alami membuat game itu menjadi berwajah sangat kekanak-kanakan dan menyenangkan.

"Saya semula berpikir tidak mungkin game ini bisa mendapatkan uang," kata Roy. Ini karena pengguna iPhone masih sangat sedikit. Dari yang sedikit itu, yang memiliki anak balita lebih sedikit. Dan yang memiliki anak dan bersedia meminjamkan iPhone ke anak balita dengan risiko dibanting-banting lebih sedikit lagi. Tapi aplikasi yang dibuat dengan rasa cinta kepada Ansell rupanya berbuah sangat manis. Sejak diluncurkan awal tahun lalu, iWriteWords sudah mendatangkan sekitar Rp 800 juta.

Infectonator

Toge Productions memang tidak menang dalam kontes game sepanjang maksimal 60 detik yang digelar Mochiland tahun lalu. Tapi studio dari Bumi Serpong Damai ini mesti berterima kasih karena Mochiland--situs Internet yang menghubungkan para pembuat game di seluruh dunia--membuat mereka menghasilkan karya terbesar sampai sekarang, seri Infectonator.

Infectonator total sekarang sudah dimainkan 60 juta orang. Di situs game Internet seperti BubbleBox, sampai pekan ini permainan garapan Kris Antoni dan Sudarmin Then ini masih menjadi yang paling banyak dimainkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Game ini berawal saat Mochiland membuat kontes. Toge, yang berdiri sejak awal 2009, mengirim karyanya berjudul Infectonator dengan cerita soal zombie. "Kami kalah, tapi tanggapan bagus," kata Sudarmin. Infectonator ini dirilis pada November. Bulan berikutnya, muncul versi terbaru yang disebut edisi Natal. Tanggapan terus bagus dan akhirnya, Februari lalu, mereka meluncurkan versi terbaru dengan nama Infectonator! World Dominator.



Cube Colossus

DARI uang dan jumlah penggemarnya, Cube Colossus bisa jadi tidak spektakuler seperti Infectonator. Tapi game buatan Lucidrine ini boleh masuk catatan karena mendapat dua penghargaan sekaligus dalam acara Pertemuan Game Flash 2010 di San Francisco, Maret lalu, untuk kategori nomor satu di "People's Choice" sekaligus runner-up kategori "Best Shooter Game".

Game ini masuk kategori shooter karena memang pemainnya, Rua Elzee dan Cedric Ashcrof, akan menembak-nembak dengan tujuan menyelamatkan Millie Elzee yang diculik alien penghuni kubus raksasa.

Game ini berawal dari kerja sama Wimindra Lee, pengembang game dari studio Lucidrine, Jakarta, dengan bocah kelas tiga SMA Negeri 1 Magelang, Fandry Indrayadi. Benar, Fandry baru duduk di sekolah menengah atas pada 2008 itu.

Fandry saat itu sudah mampu membuat game berbasis Flash, yakni Voidgale. Wimindra Lee, yang usianya dua kali lipat Fandry, tertarik pada Voidgale. Lewat surat elektronik, mereka bersepakat membuat game menembak yang unik. Jadilah game sederhana Cube Cube Panic.

Tapi mereka belum puas. Mereka terus bertukar ide dan konsep. Fandry menyusun algoritma Flash, sedangkan Wimindra membuat karakter grafisnya. Di sela-sela sekolah Fandry dan pekerjaan Wimindra, game itu akhirnya selesai. Cube Colossus dirilis Agustus 2009.

Nur Khoiri

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Pesatnya Tren Teknologi Jadikan Industri Game Nasional Prospektif

21 Oktober 2017

Salah satu industri game dunia Sony and XBOX ONE, mengikuti pameran ini. Industri game di Inggris menyumbang GDP terbesar bagi Inggris, dengan total nilai transaksi mencapai  1.72 milyar poundsterling. Birmingham, Inggris, 24 September 2015.  M Bowles / Getty Images
Pesatnya Tren Teknologi Jadikan Industri Game Nasional Prospektif

Produsen komputer, Acer, menilai, dalam beberapa tahun, industri game di Indonesia akan tumbuh.


Dua Game Indonesia Jadi Nominasi IMGA SEA

13 September 2017

Infectonator, game berbasis web, iOs, dan Android ini telah memenagi penghargaan Game of the Year Award 2013 dari Armogames.com dan Best Cross Platform Game dalam Flash Gamming Summit 2011. Game ini dibuat oleh Toge Productions yang didirikan oleh Kris Antoni dan Sudirman Then pada 2010. Mereka telah membuat lebih dari 20 game, seperti Planetary Conflict dan Necronator 2. Play.google.com
Dua Game Indonesia Jadi Nominasi IMGA SEA

Alegrium mengumumkan dua game karyanya, yakni Almighty dan Icon Pop Quiz 2, menerima nominasi People's Choice Awards dalam kedua IMGA SEA


Beralih ke Xbox One X, Microsoft Hentikan Penjualan Xbox One

27 Agustus 2017

Xbox One X. Theverge.com
Beralih ke Xbox One X, Microsoft Hentikan Penjualan Xbox One

Microsoft telah menghentikan produksi Xbox One beberapa bulan sebelum penghentian penjualan konsol Xbox One.


LG Akan Pamerkan 2 Monitor Gaming di IFA 2017

23 Agustus 2017

LG Akan Pamerkan 2 Monitor Gaming, LG 32GK850G dan LG 27GK750F, di IFA 2017. Kredit: LG
LG Akan Pamerkan 2 Monitor Gaming di IFA 2017

LG melengkapi kedua gaming monitornya ini dengan refresh rate 144Hz dan 240Hz.


Formula 1 Luncurkan Kejuaraan Dunia eSports

22 Agustus 2017

Liberty Media, yang mengambil alih Formula One pada bulan Januari, telah menargetkan game sebagai area pertumbuhan untuk mendorong pendapatan. Kredit: Daily Mail
Formula 1 Luncurkan Kejuaraan Dunia eSports

Formula One mengumumkan peluncuran seri eSports yang akan berlangsung dari bulan September sampai November.


Bahaya Permainan Video bagi Otak, Parkinson dan Alzheimer

16 Agustus 2017

TEMPO/Yuyun N
Bahaya Permainan Video bagi Otak, Parkinson dan Alzheimer

Bermain video game jenis aksi tidak baik bagi kesehatan otak karena akan mengurangi daya ingat.


Game 'Where is My Water? 2' Dipakai untuk Memata-matai Anak-anak  

11 Agustus 2017

Aplikasi game Where's My Water? 2. (Google Play Store)
Game 'Where is My Water? 2' Dipakai untuk Memata-matai Anak-anak  

Amanda Rushing, ibu dua anak yang tinggal di California, menuntut perusahaan animasi Walt Disney atas tuduhan pelanggaran privasi anak-anak.


Fokus ke Game, Acer Perluas Lini Predator

10 Agustus 2017

Laptop gaming Acer Predator Helios 300. (cnet.com)
Fokus ke Game, Acer Perluas Lini Predator

Acer mengincar posisi teratas pasar perangkat game di Indonesia.


Paris Pertimbangkan Video Game Masuk Cabang Olimpiade 2024

9 Agustus 2017

Sebastian Coe. AP/Alastair Grant
Paris Pertimbangkan Video Game Masuk Cabang Olimpiade 2024

Presiden komite tender Olimpiade Paris mengatakan diskusi akan
digelar untuk membahas prospek gamer bersaing untuk emas
Olimpiade.


Penelitian: Video Game Kekerasan Picu Perilaku Agresif

4 Agustus 2017

Ilustrasi Game Online. ANTARA/Lucky.R
Penelitian: Video Game Kekerasan Picu Perilaku Agresif

Para orang tua sebaiknya berhati-hati jika anak gemar main video game yang bertema kekerasan.