Kominfo Blokir Steam, Pengembang Game Lokal Cemaskan Pembajakan

Senin, 1 Agustus 2022 12:19 WIB

CEO dan Co-Founder Digital Happiness Rachmad Imron di studionya di Bandung, Juni 2022. TEMPO/ANWAR SISWADI

TEMPO.CO, Bandung - Pemblokiran situs distribusi game digital global Steam oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dinilai bisa berdampak buruk bagi pengembang game. Bagi studio Digital Happiness di Bandung misalnya, upaya pengembangan pasar game di dalam negeri bisa terhambat karena langkah Kominfo tersebut.

“Jadinya customer mending ngebajak aja deh,” kata Rachmad Imron, pendiri dan CEO Digital Happiness, Senin, 1 Agustus 2022.

Menurutnya, game DreadOut yang mereka buat dan dijual lewat Steam lebih banyak dibeli konsumen luar negeri, seperti Cina, Rusia, Amerika Serikat. Adapun pembeli dari Indonesia terhitung masih sedikit. Kondisi itu juga yang ingin diubahnya agar game Indonesia bisa berjaya di pasar lokal sambil mengurangi pembajakan.

Sebelumnya diberitakan, Steam mendapat sanksi diblokir Kementerian Kominfo per Sabtu, 29 Juli 2022. Langkah itu terkait aturan Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE Lingkup Privat--yang di dalam negeri juga menuai pro dan kontra.

Aturan itu mewajibkan setiap PSE asing maupun lokal untuk mendaftar ulang ke pemerintah dan mengikatnya dengan sejumlah pasal sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020. Mereka yang kontra menunjuk pasal-pasal itu bersifat karet yang berpotensi akan melanggar kebebasa berekspresi dan privasi para pengguna sistem elektronik.

Advertising
Advertising

Steam tak mendaftar ulang di kementerian dan mendapat sanksi blokir itu. Namun, menurut pihak Kominfo, layanan distribusi game digital Steam telah menunjukkan komitmen untuk mengikuti aturan itu. Komunikasi sudah terjalin dan berkas pendaftaran sedang disiapkan.

Diblokirnya Steam juga menimbulkan masalah baru karena sejumlah game sudah mendaftar sebagai PSE, namun, tetap tidak bisa dimainkan karena tersedia di platform tersebut. Sejumlah game buatan pengembang lokal yang dirilis di Steam, antara lain DreadOut, She and The Light Bearer dan Coffee Talk.

Sejauh ini menurut Imron, pengembang game termasuk Digital Happiness tak kesulitan mengakses dasbor Steam, diantaranya untuk mengetahui jumlah angka penjualan. Selain game komputer yang dijual lewat Steam, baru-baru ini game DreadOut yang bergenre aksi dan horor itu meluncur sebagai game konsol di Xbox dan PlayStation.

Baca juga:
Fitur Pencarian di Laman PSE Hilang, Kominfo: Pusat Kerentanan

Berita terkait

Perlu Regulasi untuk Mengatasi Dampak Buruk AI, Begini Kata Sekjen Kominfo

2 hari lalu

Perlu Regulasi untuk Mengatasi Dampak Buruk AI, Begini Kata Sekjen Kominfo

Walau AI meningkatkan produktivitas dan efisiensi, tapi tak jarang juga mampu memproduksi hoaks, disinformasi dan bahkan deepfake.

Baca Selengkapnya

Wamen Nezar Patria Ajak Permias Seattle Ambil Bagian Manfaatkan Ekonomi Digital Indonesia

2 hari lalu

Wamen Nezar Patria Ajak Permias Seattle Ambil Bagian Manfaatkan Ekonomi Digital Indonesia

Pemerintah berupaya mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia dengan mempercepat transformasi digital dan mengembangkan talenta digital nasional

Baca Selengkapnya

Judi Online: Seperti Menghadapi Hantu hingga Menarget hanya Operator Level Bawah

4 hari lalu

Judi Online: Seperti Menghadapi Hantu hingga Menarget hanya Operator Level Bawah

Pengamat kepolisian dari ISESS Bambang Rukminto mengatakan problem pemberantasan judi online tak menyentuh akar masalah

Baca Selengkapnya

Kominfo Gandeng Tony Blair Institute Antisipasi Kejahatan Artificial Intelligence

11 hari lalu

Kominfo Gandeng Tony Blair Institute Antisipasi Kejahatan Artificial Intelligence

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Tony Blair Institute for Global Change bekerja sama antisipasi kejahatan Artificial Intelligence.

Baca Selengkapnya

Bentuk Laboratorium Bersama dengan Kominfo, Ant Group Jajakan Alipay Plus ke Indonesia

12 hari lalu

Bentuk Laboratorium Bersama dengan Kominfo, Ant Group Jajakan Alipay Plus ke Indonesia

Kominfo membahas kerjasama dengan Ant Group untuk pembentukan Joint Lab. Alibaba menawarkan Alipay Plus buat UMKM Indonesia.

Baca Selengkapnya

I Witness, Game Misteri Buatan Kreator Lokal yang Membidik Pasar Amerika

13 hari lalu

I Witness, Game Misteri Buatan Kreator Lokal yang Membidik Pasar Amerika

Storytale Studio dan Stellar Hoziron berkolaborasi menggarap I Witness, game misteri yang ditargetkan menembus pasar Amerika Serikat.

Baca Selengkapnya

Kominfo Pastikan Tak Akan Beri Keistimewaan bagi Starlink

13 hari lalu

Kominfo Pastikan Tak Akan Beri Keistimewaan bagi Starlink

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan kehadiran starlink menjadi tantangan bagi semua operator seluler di Indonesia.

Baca Selengkapnya

Strategi Jokowi Berantas Judi Online Lewat Satgas Terpadu

13 hari lalu

Strategi Jokowi Berantas Judi Online Lewat Satgas Terpadu

Pemerintah ingin ada langkah yang lebih komprehensif dalam membereskan masalah judi online.

Baca Selengkapnya

Berkah Serial Adaptasi, Jumlah Pemain Aktif Game Fallout Meningkat Drastis

13 hari lalu

Berkah Serial Adaptasi, Jumlah Pemain Aktif Game Fallout Meningkat Drastis

Serial Fallout yang tayang di Amazon Prime Video turut mendongrak kunjungan pemain game tersebut.

Baca Selengkapnya

CEO Microsoft Kunjungi Indonesia 30 April, Kominfo Sebut Nilai Investasi Hingga Rp 14 Triliun

13 hari lalu

CEO Microsoft Kunjungi Indonesia 30 April, Kominfo Sebut Nilai Investasi Hingga Rp 14 Triliun

Kementerian Komunikasi dan Informasi mengatakan CEO Microsoft bakal datang ke Indonesia pada 30 April 2024 membahas investasi senilai Rp 14 Triliun.

Baca Selengkapnya