Zynga Kembali Berhentikan Ratusan Karyawan

Reporter

Editor

Erwin prima

Sabtu, 1 Februari 2014 06:47 WIB

Zynga. forbes.com

TEMPO.CO, San Francisco - Zynga melakukan langkah penuh kejutan. Perusahaan game sosial itu mengumumkan laporan keuangan kuartal IV dan akhir tahun pada Kamis, 30 Januari 2014, seminggu lebih cepat dari jadwal. Namun laporan itu dibayangi oleh akuisisi dan rencana pemberhentian karyawan.

Pemberhentian itu, yang akan mencakup lebih dari 300 karyawan (15 persen dari karyawan perusahaan), terjadi hanya tujuh bulan setelah Zynga tiba-tiba memberhentikan lebih dari 500 karyawan pada Juni lalu.

Perusahaan itu menutup tiga kantor pada saat yang sama, dan pemberhentian karyawan itu akan menyelamatkan perusahaan "US$ 33 juta sampai US$ 35 juta dalam penghematan sebelum pajak untuk 2014," menurut rilis pendapatan perusahaan itu sebagaimana dikutip Mashable, Jumat, 31 Januari 2014.

Pengumuman akuisisi itu adalah kabar cerah bagi perusahaan berbasis di San Francisco itu, yang bertujuan untuk terus mendorong ke mobile gaming. Zynga mengumumkan akuisisi pengembang game mobile NaturalMotion senilai US$ 527 juta, termasuk hampir 40 juta saham Zynga.

NaturalMotion yang didirikan pada tahun 2001, memiliki sekitar 260 karyawan di seluruh dunia. Perusahaan itu menciptakan permainan seperti Clumsy Ninja dan racing game CSR Classics.

"Kami percaya bahwa membawa Zynga dan NaturalMotion bersama merupakan langkah yang tepat pada waktu yang tepat," ujar CEO Zynga Don Mattrick dalam sebuah pernyataan dari rilis pendapatan perusahaan.

"Akuisisi NaturalMotion akan memungkinkan kami secara signifikan memperluas saluran kreatif kami, mempercepat pertumbuhan mobile kami dan membawa teknologi dan alat generasi berikutnya untuk Zynga yang kami percaya akan cepat melacak kemampuan kami untuk memberikan lebih banyak game hit."

Kejutan lain pada hari Kamis adalah laporan keuangan Zynga, yang berhasil mengalahkan perkiraan Wall Street meskipun turun cukup dalam dari kuartal yang sama tahun lalu. Zynga membukukan pendapatan sebesar US$ 176 juta pada Q4 , turun dari US$ 311 juta pada Q4 2012. Untuk tahun ini, pendapatan Zynga adalah US$ 873 juta, turun dari US$ 1,28 miliar pada tahun 2012 .

Mungkin yang paling mengkhawatirkan adalah basis pengguna Zynga yang kian terkikis. Perusahaan ini mengumumkan 27 juta pengguna aktif harian di Q4, turun 12 persen dari angka di Q3, dan kurang dari setengah jumlah di kuartal yang sama tahun lalu.

Simak berita tekno lainnya di sini.

ERWIN Z | MASHABLE

Berita lain
Begini Cara BlackBerry Cabang Bali Sortir Aplikasi
Facebook Rilis Aplikasi Pembaca Berita
Dilarang Nge-Blog, Akademisi HI Sedunia Protes
Indonesia Kembali Ikuti Ajang Hemat Bahan Bakar
Akun Yahoo Mail Dibajak



Berita terkait

Pesatnya Tren Teknologi Jadikan Industri Game Nasional Prospektif

21 Oktober 2017

Pesatnya Tren Teknologi Jadikan Industri Game Nasional Prospektif

Produsen komputer, Acer, menilai, dalam beberapa tahun, industri game di Indonesia akan tumbuh.

Baca Selengkapnya

Dua Game Indonesia Jadi Nominasi IMGA SEA

13 September 2017

Dua Game Indonesia Jadi Nominasi IMGA SEA

Alegrium mengumumkan dua game karyanya, yakni Almighty dan Icon Pop Quiz 2, menerima nominasi People's Choice Awards dalam kedua IMGA SEA

Baca Selengkapnya

Beralih ke Xbox One X, Microsoft Hentikan Penjualan Xbox One

27 Agustus 2017

Beralih ke Xbox One X, Microsoft Hentikan Penjualan Xbox One

Microsoft telah menghentikan produksi Xbox One beberapa bulan sebelum penghentian penjualan konsol Xbox One.

Baca Selengkapnya

LG Akan Pamerkan 2 Monitor Gaming di IFA 2017

23 Agustus 2017

LG Akan Pamerkan 2 Monitor Gaming di IFA 2017

LG melengkapi kedua gaming monitornya ini dengan refresh rate 144Hz dan 240Hz.

Baca Selengkapnya

Formula 1 Luncurkan Kejuaraan Dunia eSports

22 Agustus 2017

Formula 1 Luncurkan Kejuaraan Dunia eSports

Formula One mengumumkan peluncuran seri eSports yang akan berlangsung dari bulan September sampai November.

Baca Selengkapnya

Bahaya Permainan Video bagi Otak, Parkinson dan Alzheimer

16 Agustus 2017

Bahaya Permainan Video bagi Otak, Parkinson dan Alzheimer

Bermain video game jenis aksi tidak baik bagi kesehatan otak karena akan mengurangi daya ingat.

Baca Selengkapnya

Game 'Where is My Water? 2' Dipakai untuk Memata-matai Anak-anak  

11 Agustus 2017

Game 'Where is My Water? 2' Dipakai untuk Memata-matai Anak-anak  

Amanda Rushing, ibu dua anak yang tinggal di California, menuntut perusahaan animasi Walt Disney atas tuduhan pelanggaran privasi anak-anak.

Baca Selengkapnya

Fokus ke Game, Acer Perluas Lini Predator

10 Agustus 2017

Fokus ke Game, Acer Perluas Lini Predator

Acer mengincar posisi teratas pasar perangkat game di Indonesia.

Baca Selengkapnya

Paris Pertimbangkan Video Game Masuk Cabang Olimpiade 2024

9 Agustus 2017

Paris Pertimbangkan Video Game Masuk Cabang Olimpiade 2024

Presiden komite tender Olimpiade Paris mengatakan diskusi akan
digelar untuk membahas prospek gamer bersaing untuk emas
Olimpiade.

Baca Selengkapnya

Penelitian: Video Game Kekerasan Picu Perilaku Agresif

4 Agustus 2017

Penelitian: Video Game Kekerasan Picu Perilaku Agresif

Para orang tua sebaiknya berhati-hati jika anak gemar main video game yang bertema kekerasan.

Baca Selengkapnya