Von Neumann dan Morgenstern, menguraikan dalam buku itu apa yang disebut, 'zero-sum game', di mana keuntungan satu pemain adalah kerugian bagi orang lain. Tapi, kebanyakan interaksi di dunia nyata berjalan lebih rumit, kepentingan para pelaku tidak selamanya saling bertentangan, dan selalu ada peluang untuk saling menguntungkan.
Solusi Nash termuat dalam tesis doktoral 27-halaman yang ia tulis ketika ia berusia 21 tahun. Dia memberikan cara menganalisis bagaimana setiap pelaku bisa memaksimalkan keuntungannya dengan asumsi bahwa para pelaku lain juga akan bertindak untuk memaksimalkan kepentingan mereka.
Perluasan yang tampak sederhana dari teori permainan tersebut (Theory of Game)dianggap telah membuka jalan bagi teori ekonomi yang akan diterapkan untuk berbagai situasi pasar. "Ini adalah penemuan yang sangat orisinal," kata Kuhn. "Berbagai orang akan datang dengan hasil yang sama pada saat yang sama, tapi John melakukannya dan dia melakukannya dengan caranya sendiri."
Setelah menerima gelar doktor di Princeton, Nash kemudian menjabat sebagai konsultan untuk RAND Corporation dan instruktur di MIT dan masih sering berusaha memecahkan masalah yang tidak dapat dipecahkan orang lain.
Dengan berani, ia mengembangkan suatu pendekatan yang orisinil tentang persoalan dalam geometri diferensial, menunjukkan bahwa ruang abstrak geometris yang disebut 'Lipatan Riemannian' dapat dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil di ruang Euclidean.