TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Kristen Petra Surabaya memperkenalkan Petraverse, sebuah program Learning Management System (LMS) gamification karya Petra Digital Institute UK Petra. Peresmiannya diikuti dengan kehadiran Virtual Reality Laboratory di Gedung W lantai 3 kampus UK Petra yang berlokasi di Jalan Siwalankerto pada Kamis 28 Juli 2022.
Felix Pasila, Ketua Tim Petra Digital Institute UK Petra, mengatakan bahwa Petraverse dikembangkan bersama beberapa startup teknologi Indonesia sebagai inovasi dunia pendidikan hasil karya anak bangsa. “Petraverse adalah wujud keseriusan UK Petra untuk terus berinovasi menyiapkan metode pendidikan baru yang berkelindan dengan teknologi sehingga semakin banyak sumber daya manusia Indonesia yang menjadi pembelajar sepanjang hayat," katanya dalam keterangan tertulis.
Modul Petraverse disebutkannya menyediakan sistem pembelajaran asinkronus secara digital dengan empat konsep yaitu Virtual Novel, Komik Interaktif, Role-Playing Game dan Virtual Reality. Sistemnya juga dibuat unik dan interaktif, menerapkan metode gamifikasi dengan teknologi imersif mulai dari Faction, Leaderboard hingga Skill Card.
Mahasiswa atau para pemain harus melewati tes terlebih dahulu yang dikerjakan hanya dalam 12 menit untuk pertama-tama mendapatkan dari sembilan kepribadian dalam Petraverse. Kepribadian yang ingin dimunculkan para pemain bisa berganti setalah mengalami proses pembelajaran modul digital di Petraverse.
Sebanyak 9 pilihan kepribadian itu adalah The Scholar (Growth, Self-evaluation, Teamwork), The Ambassador (Managing emotion, Humility, Communication), The Director (Creativity & Innovation, Leadership, Communication), The Strategist (Spirituality, Administration, Integrity), The Warrior (Communication, Leadership, Teamwork), The Healer (Managing Emotion, Creativity & Innovation, Integrity), The Counselor (Spirituality, Love, Interpersonal Skill), The Steward (Managing Emotion, Leadership, Communication) dan The Sage (Spirituality, Humility, Love).
Petraverse telah diuji coba secara langsung pada mahasiswa semester 5 dan 6. Sementara, ada 10 mata kuliah saat ini yang telah menggunakan modulnya yaitu Pancasila, Kalkulus, Soft Skills Test, Bahasa Inggris, Agama, Pajak, Technopreneurship, Akuntansi Manajemen, Virtual Reality technology, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Seluruhnya dipilihkan yang rata-rata setara dengan bobot 2 SKS.
Stella R. Gomaz dari Business Management Program mengaku belajar menjadi lebih menyenangkan dengan modul Petraverse itu. "Karena ada alur ceritanya, bisa lebih mudah memahami materi, meskipun berupa hitungan, karena dijelaskan secara detail mengenai perhitungan yang ada di modul,” katanya.
Felix menambahkan kalau Petraverse menyampaikan tes dalam bentuk permainan. Maka tak heran, menurut dia, jika para mahasiswa sangat tertarik. Hasil tes akan berbentuk skor pada 13 kemampuan umum yang diukur yang berguna untuk pekerjaan di masa depan. “Semoga dengan hadirnya Petraverse ini maka para mahasiswa akan memahami materi dengan lebih fun dan interaktif,” kata Felix.
Baca juga:
Nadiazia dan Peran Pentingnya di VokasiLand Road to Harteknas 2022