Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Mengenal BOOM.ID, Tim Gamer Profesional di Indonesia

image-gnews
Muhammad Rizky (dua dari kiri) bersama tim BOOM ID. Dok. BOOM ID
Muhammad Rizky (dua dari kiri) bersama tim BOOM ID. Dok. BOOM ID
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Perhelatan ASUS Republic of Gamers (ROG) Masters 2017 digelar di Jakarta pada pekan lalu. Tim BOOM.ID menempatkan dua wakilnya di putaran final. Namun hanya satu yang lolos ke grand final dan menjadi juara di game Dota 2.

BOOM.ID dikenal sebagai salah satu tim Dota 2 terbaik di Indonesia. Didirikan pada November tahun lalu oleh Gary Ongko Putera, yang juga adalah CEO, BOOM.ID kini memiliki empat divisi dengan 20 pemain.

Manajer tim Marzarian "Ojan" Sahita bercerita kepada Tempo tentang tim yang dipersiapkan untuk berlaga dalam ASUS ROG Masters APAC Qualifier di Manila, Filipina, pada November nanti.

Siapa investor terbesar BOOM.ID?

Untuk investor terbesar masih dipegang oleh CEO sekaligus founder dari BOOM.ID, yaitu Gary Ongko Putera.

Bagaimana hubungan dengan para pemain? Mereka digaji?

Sejak awal BOOM.ID dijalankan dengan asas musyawarah terpimpin. Setiap permasalahan akan dibicarakan secara kekeluargaan namun tetap menjunjung tinggi nilai profesionalisme.
Ya, mereka digaji. Sebagai gambaran, saat ini para pemain BOOM.ID sudah digaji di atas UMR Jakarta.

Sudah berapa kali berganti pemain?

Untuk Dota 2, sudah tiga kali. Untuk divisi CS:GO baru sekali. Untuk dua divisi lain, VainGlory dan satu divisi lain yang masih kami rahasiakan, belum ada perubahan.
Adakah pemandu bakat yang mencari bibit pemain?
Pencarian pemain biasanya melalui proses observasi bersama, tidak ada pemandu bakat khusus.

Prestasi tertinggi apa yang pernah diraih?

Kalau prestasi tertinggi, ya mungkin menjuarai ASUS ROG Masters Indonesia Qualifiers dan terpilih mewakili Indonesia untuk maju ke babak regional Asia-Pasifik.
Mengapa hanya berfokus pada Dota 2 dan CS: GO?

Benar, saat ini terlihat kita lebih berfokus kepada Dota 2 dan CS: GO, mungkin karena dua divisi ini adalah yang pertama dibentuk. Namun, seiring perkembangan kita juga sudah mulai masuk ke mobile games.

Seperti apa pola latihan pemain?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk pola latihan, biasanya dimulai pukul 02.00 siang hingga pukul 09.00-10.00 malam. Dilakukan 4-5 hari sekali. Tapi sifatnya fleksibel, menyesuaikan dengan jadwal turnamen dan kegiatan player.

Bagaimana menjaga kebugaran fisik para pemain?

Untuk saat ini kami belum menentukan program khusus, tapi dalam waktu dekat para pemain akan mulai menjaga kebugarannya dengan cara fitness dan olahraga futsal rutin. Yah, semoga gak cuma jadi agenda belaka, ha-ha-ha.

Bagaimana dengan sekolah atau kuliah para pemain?

Mayoritas memilih untuk cuti atau bahkan berhenti dari studi/pekerjaan yang sedang mereka jalankan. Namun mereka tentunya berencana melanjutkan itu semua nantinya.

Berapa lama seorang pemain bisa bertahan di tim?

Tidak dapat ditentukan, semua kembali kepada kemampuan masing-masing. Pada umumnya usia mereka hingga 30 tahun. Namun tidak tertutup kemungkinan bisa lebih.

Adakah target kejuaraan yang ingin diikuti?

Untuk target, tentunya kami berharap bisa ikut dan lolos di kejuaraan-kejuaraan besar untuk masing-masing divisi. Tidak ada target khusus, yang penting bisa mewakili Indonesia di kancah internasional.
Berminat tampil di Asian Games Jakarta tahun depan?

Jika tidak ada perubahan sistem, dapat dipastikan BOOM.ID tidak akan ikut berlaga. Sebab, untuk dapat berlaga di turnamen tersebut, kita harus menjalani proses dan birokrasi panjang.

Walau begitu, kami tetap berharap e-sports di Asian Games tahun depan bisa berjalan lancar dan Indonesia bisa mendapatkan wakil terbaiknya.

FIRMAN

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


5 Film Sukses yang Sebelumnya Adaptasi Film dari Games

16 September 2023

Prince of Persia: The Sands of Time. wikipedia.org
5 Film Sukses yang Sebelumnya Adaptasi Film dari Games

Banyak film yang juga adaptasi film dari sebuah permainan games atau video games yang cukup sukses.


Review Ghost of Tsushima Director's Cut: Konten Ekstra Lima Jam di Pulau Iki

3 September 2021

Ghost of Tsushima: Director's Cut dari PlayStation Studios (Sumber: Sucker Punch)
Review Ghost of Tsushima Director's Cut: Konten Ekstra Lima Jam di Pulau Iki

Ghost of Tsushima: Director's Cut, rilis Agustus lalu, adalah game terbaru PlayStation Studios yang mencoba memperbarui dan melengkapi versi awalnya.


Indonesia Ikut Tokyo Games Show 2021, Sandiaga: Potensi Kita Menjanjikan

2 Agustus 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memimpin doa keselamatan bangsa menghadapi pandemi Covid-19 secara virtual. Foto: Istimewa
Indonesia Ikut Tokyo Games Show 2021, Sandiaga: Potensi Kita Menjanjikan

Indonesia mengirimkan 16 delegasi dalam ajang Tokyo Games Show 2021 yang digelar September hingga Oktober 2021.


Pria India Tewas Minum Cairan Asam karena Keasyikan Main PUBG

16 Desember 2019

PUBG Mobile. Androidauthority.com
Pria India Tewas Minum Cairan Asam karena Keasyikan Main PUBG

Seorang pemuda di India meninggal setelah tidak sengaja menenggak cairan asam karena terlalu sibuk bermain PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG.


Pemerintah Cina Batasi Waktu Bermain Gim Daring untuk Anak-anak

8 November 2019

Peserta game online adu kemahiran pada Lyto Game Festival (LGF) 2009 di Mall Ciputra, Jakarta, Sabtu (11/7). LGF 2009 sebagai kompetisi tahunan memperebutkan juara nasional. TEMPO/Tri Handiyatno
Pemerintah Cina Batasi Waktu Bermain Gim Daring untuk Anak-anak

Untuk mengatasi kecanduan dan efek buruk, pemerintah Cina memberlakukan pedoman peraturan gim daring dengan membatasi waktu bermain gim anak-anak.


Main Video Games di Ponsel, Perempuan di Cina Kena Glaukoma

5 September 2019

Ilustrasi ponsel. Sumber: Usplash/dangold/asiaone.com
Main Video Games di Ponsel, Perempuan di Cina Kena Glaukoma

Seorang perempuan di Cina didiagnosa mengalami glaukoma setelah kecanduan main games menjelang tidur dalam ruangan gelap.


Kiat Membangun Tim Kerja, Main Video Games Bersama

8 Februari 2019

Ilustrasi kerja tim / team work. Shutterstock
Kiat Membangun Tim Kerja, Main Video Games Bersama

Membangun tim kerja yang solid menjadi sangat penting bagi perusahaan, bisa memberikan hasil akhir yang lebih baik.


Rekrut Anak Muda, Angkatan Darat AS Manfaatkan Video Games

16 November 2018

Video games America's Army.[army.mil]
Rekrut Anak Muda, Angkatan Darat AS Manfaatkan Video Games

Angkatan Darat Amerika Serikat menyusun tim video gamer dari dalam jajarannya untuk menjangkau anak muda Amerika Serikat agar bergabung ke militer.


Fortnite Raih Pendanaan Rp 19 Triliun, Terbesar untuk Video Game

28 Oktober 2018

Game Fortnite. Kredit: PC Gamer
Fortnite Raih Pendanaan Rp 19 Triliun, Terbesar untuk Video Game

Fortnite terus mengalami kesuksesan yang melonjak, merayakan 80 juta pemain selama Agustus 2018.


Bekraf Developer Day Dorong Industri Teknologi Aplikasi dan Games

7 Agustus 2018

Ilustrasi game Street Fighter 5, Komunitas Gamers Street Fighter di Jakarta, 10 Maret 2016. TEMPO/Frannoto
Bekraf Developer Day Dorong Industri Teknologi Aplikasi dan Games

Melalui Bekraf Developer Day (BDD) di Makassar, Bekraf terus mendorong pertumbuhan industri teknologi aplikasi dan video games.