TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno Berita Terkini, Senin, 24 Juni 2024, diawali dengan artikel yang menjelaskan fungsi jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merancang empat jalur penerimaan peserta didik baru dengan tujuan yang berbeda. Secara umum, kebijakan PPDB dibuat untuk memberikan hak pendidikan yang setara bagi semua kalangan.
Artikel kedua mengenai Embracer Group yang akan memakai teknologi kecerdasan buatan atau AI dalam proses pengembangan game. Perusahaan game asal Swedia itu menyatakan adopsi AI diperlukan agar tidak tertinggal dari pesaing besar, seperti Electronic Arts (EA), Sony, Square Enix, maupun Ubisoft. Teknologi AI diklaim bisa mempercepat pengembangan proyek dan memberikan pengalaman bermain game yang lebih optimal.
Berita selanjutnya merupakan rangkungan Top 3 Tekno Tempo pada Ahad, 23 Juni 2024. Salah satu topik utamanya adalah tanaman Kratom yang sempat dibahas oleh Presiden Joko Widodo di dalam rapat terbatas kabinetnya. Tanaman bernama latin Mitragyna Speciosa itu disebut memiliki kandungan narkotika, namun berpotensi diekspor karena manfaatnya dalam pengobatan.
1. Perbedaan Empat Jalur PPDB 2024, soal Jarak Sekolah Hingga Perlindungan Penyandang Disabiltas
Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, Chatarina Muliana Girsang, mengingatkan kembali tujuan pembagian jalur PPDB ketika bertemu perwakilan lembaga dalam Forum Bersama Pengawasan Pelaksanaan PPDB 2024-2025.
“PPDB dilakukan tanpa diskriminasi, kecuali bagi sekolah yang secara khusus dirancang untuk melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu,” katanya.
Setiap jalur dibuat untuk sasaran yang berbeda. Jalur zonasi PPDB, sebagai contoh, bertujuan mendekatkan sekolah dengan domisili peserta didik, sehingga sekolah dan masyarakat di sekitarnya menjadi satu ekosistem yang saling mendukung. Ada juga jalur afirmasi yang bertujuan melindungi peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu dan peserta didik penyandang disabilitas.
2. Takut Tertinggal dari Sony dan EA, Embracer Group Adopsi AI dalam Produksi Game
Rencana Embracer Group, untuk memakai AI dalam proses pengembangan game terungkap dalam laporan tahunannya. Entitas yang merupakan induk usaha THQ Nordic, Gearbox Entertainment, serta Crystal Dynamics-Eidos Montreal tersebut berupaya memberikan pengalaman bermain game yang lebih optimal. Kemampuan AI juga membantu para talenta game yang merupakan penyandang disabilitas.
Sekalipun bermanfaat, tim Embracer Group menyebut langkah penggunaan AI dalam proyek game bukan tanpa risiko. Mereka mencatat bahwa AI mungkin bisa menciptakan hasil yang “tidak etis”, “bias”, “diskriminatif”, bahkan bisa sepenuhnya salah jika tidak dilatih dan diinstruksikan dengan benar.
3. Tanaman Kratom Dibahas Jokowi, Upacara Pedang Pora, dan Evaluasi PDN Mengisi Top 3 Tekno
Artikel mengenai tanaman Kratom memuncaki Top 3 Tekno pada Ahad, 23 Juni 2024. Presiden Jokowi dan jajarannya membahas peluang pembutaan regulasi untuk tata niaga tanaman bernama latin Mitragyna Speciosa tersebut. Meski memiliki kandungan narkotika, Kratom sering dipakai untuk pengobatan.
Artikel itu juga berisi ulasan mengenai Upacara Pedang Pora yang diadakan oleh siswa SD Negeri Sugutamu Depok. Tradisi penghormatan yang dilakukan oleh perwira remaja kepada senior itu memberi pembelajaran baru bagi siswa. Artikel yang sama berisi saran Pakar Keamanan Siber, Pratama Persadha, kepada pemerintah agar mengevaluasi sistem Pusat Data Nasional (PDN). Gangguan pada sistem data itu sempat menimbulkan masalah di gerbang imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.