TEMPO.CO, London - Google Doodle hari ini merayakan 50 tahun coding anak sebagai bagian dari Computer Science and Education Week.
Sudah 50 tahun sejak bahasa pemrograman anak pertama kali diperkenalkan ke dunia dan Google menandai kesempatan tersebut dengan permainan pengkodean sebagai Google Doodle mereka.
Baca: Google Doodle Rayakan 50 Tahun Bahasa Coding Anak
Meskipun permainan ini mungkin tampak sederhana, merancangnya bukanlah pekerjaan anak-anak karena butuh tiga tim untuk menggabungkannya - Tim Google Doodle, tim Google Blocky, dan periset dari MIT Scratch.
Permainan ini didasarkan pada bahasa pemrograman Scratch untuk anak-anak. Berikut bahasa coding yang dapat dipergunakan anak.
1. Scratch
Scratch adalah salah satu dari berbagai bahasa pemrograman ramah anak dan alat yang akan mengajarkan anak-anak bagaimana membuat program. Perangkat lunak pemrograman ini bertindak seperti permainan untuk anak-anak dan bekerja seperti teka-teki saat anak-anak memainkannya.
Untuk memindahkan karakter mereka atau membuat mereka melakukan tindakan, mereka harus mengumpulkan serangkaian instruksi yang akan mengajarkannya tentang dasar-dasar pengkodean melalui antarmuka yang mudah digunakan dan mudah digunakan.
2. Blockly
Blockly adalah editor pengkodean visual lainnya, yang tidak hanya dirancang untuk menjadi ramah anak. Sementara Scratch direkomendasikan untuk usia 8 tahun ke atas, Blockly sedikit lebih rumit dan mungkin lebih cocok untuk usia 10 ke atas.
3. Alice
Anarmuka drag and drop ini juga cocok untuk anak-anak usia 10 dan ke atas dan merupakan kompromi yang sempurna antara bermain di komputer sepanjang hari dan melakukan sesuatu yang produktif.
4. Swift Playground
Anda juga bisa mendapatkan perangkat lunak pemrograman di iPad Anda untuk dimainkan oleh anak-anak, dan Swift Playground menawarkan semua kesenangan bermain sambil belajar bagaimana pengkodean dalam prosesnya.
5. Twine
Twine adalah tingkat berikutnya dalam mengajarkan anak-anak Anda bagaimana membuat program. Perangkat lunak ini direkomendasikan untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas karena ini berfungsi sebagai aplikasi bercerita non-linier.
6. LEGO Mindstorm Robotics
LEGO Mindstorm Robotics adalah pendekatan lain untuk mempelajari pemrograman yang berfokus pada robotika dan cocok untuk usia 10 dan ke atas.
7. Kodu
Kodu adalah aplikasi pemrograman lain dari Microsoft yang dirancang untuk Xbox 360 dan anak-anak dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjelajahi dan merancang dunia 3D.
Baca: Google Doodle Rayakan Kimchi Hari Ini, Simak 3 Faktanya
Simak bagaimana Google Doodle merayakan 50 tahun bahasa coding anak di tempo.co
METRO | ERWIN Z