TEMPO.CO, Jakarta - Tetsuya Nomura adalah seorang sutradara video game dan desainer karakter di Square Co. Ltd., sebuah perusahaan permainan video Jepang yang didirikan pada tahun 1986 oleh Masafumi Miyamoto dan Hironobu Sakaguchi.
Dilansir dari laman finalfantasy.fandom.com, pada awal tahun 1990-an, nama Nomura melejit karena dia terpilih sebagai desainer karakter utama untuk Final Fantasy VII (1997). Kesuksesannya ini karena selain Final Fantasy merupakan salah satu game RPG paling terkenal sepanjang masa, Final Fantasy VII juga merupakan game yang paling menentukan secara keseluruhan.
Nomura kemudian dipercaya dalam proyek lain seperti Parasite Eve. Selain itu, Nomura juga menyutradarai seri Square Kingdom Hearts dan sekuel CGI untuk Final Fantasy VII, Final Fantasy XI, dan Final Fantasy VII: Advent Children.
Dalam mendesain karakter, Tetsuya Nomura memadukan pengaruh Timur dan Barat. Dalam Final Fantasy VII, Nomura menggunakan gaya seperti anime tradisional dengan ciri khas mata besar dan rambut jabrik.
Pada seri Final Fantasy X, desain Nomura menjadi semakin realistis, meskipun pewarnaan karakternya mempertahankan kualitas seperti di anime pada umumnya. Dalam seri Final Fantasy 3D, Nomura pertama kali membuat karakter secara proporsional sesuai dengan bentuk anatomi tubuh.
Karakter buatan Tetsuya Nomura di Final Fantasy juga cenderung lebih modern dan sci-fi dengan alur cerita yang lebih gelap. Sedangkan nama-nama karakternya mengambil inspirasi dari ilmu fisika dan cuaca, khususnya langit, darat, dan laut. Selain itu, dilansir dari laman flarergamer.com, dalam menamakan karakter, Nomura juga terinspirasi dari kepribadian mereka.
NAUFAL RIDHWAN ALY
Baca: Tetsuya Nomura, Sosok Dibalik Suksesnya Game Final Fantasy